Wednesday, April 17, 2013

Mang Yono dan Proyek PT. Chevron Pacific Indonesia



Selamat pagi dan selamat datang kali ini mamang mau menulis tentang waktu bekerja  * Gaya hehehe* di Duri- Pekanbaru yang waktu naik pesawatnya hampir berdiri yang itu loh yang judulnya Mang Yono Naik Pesawat Lion Air Kembar, mudah – mudahan berguna bagi yang mau bekerja di Pengeboran Minyak dan Gas Bumi karena PT. Chevron Pacific Indonesiamerupakan perusahaan yang super ketat dalam keselamatan pekerjanya atau banyak pelindung diri yang harus dipakai pada waktu bekerja, eit bukan itu saja tapi sebelum memulai pekerjaannya harus mengikuti tes, tes dan tes keselamatan bagi calon pekerja dari perusahaan kontraktor yang mau bekerja  di PT. Chevron Pacific Indonesia atau di singkat  PT. CPI.

Ini Vidionya :



Pertama tiap orang di kasih buku tentang tata – titi - tutu bekerja di ruang lingkup CPI serta berisi keselamatan pekerja dan prosedur yang harus di ikuti serta di laksanakan setiap pekerja atau Kontraktor, buku tersebut tebalnya 32 halaman ukuran kertas HVS, tapi harus di hapalkan karena 2 atau 3 hari lagi akan di tes, seperti Ujian sekolah heheheh. Mamang juga ikutan ujian nih ujian di laksanakan di kantor CPI yaitu namanya Kayangan, ada snacks atau camilan yang disediakan oleh pihak CPI, Setiap soal harus di isi dengan cepat yaitu 3 atu 4 detik, jadi jangan santai bacanya ya apalagi lirik kanan atau kiri bisa - bisa ketinggalan kereta heheheh, karena soal dalam layar cepat berubahnya. Jumlah soal 25 soal harus diisi semua  setelah itu diperiksa  apabila yang betul dibawah 18 soal harus ulang test, Alhamdulilah mamang betul 24 jawaban * Gaya *, bagi peserta yang betul dibawah 18 jawaban diwajibkan ikut tes ulang, dengan batas  3 kali tes ulang, apabila gagal maka calon pekerja tidak boleh ikut bekerja di CPI alias dipulangkan ke Habitat asalnya heheheh, temen mamang juga ada tuh satu orang yang dipulangkan .

Ini adalah Tata – titi keselamatannya atau prosedur yang harus di hapalkan karena waktu bekerja juga suka ada yang tanya – tanya dari CPI
              Proses PSWP
-       Acces Control
-       General Work Permit
-       PPE
-       SOP / JSA
-       LOTO
-       MSDS
-       Housekeeping
Yang Mencakup
1.    Tujuan dan ruang lingkup
2.    Prosedur
3.    Infrastruktur
-       Infra yang dibutuhkan
-       Dokumentasi
4.    Pelaksanaan
-       Training
-       Kompetensi
5.    Pengukuran dan Vertifikasi
-       Observasi Prilaku
-       Penilaian Hasil / Kinerja
Ini sebagian Globalnya saja karena tiap - tiap poin mempunyai rincian tersendiri yang di tuang dalam buku 32 halaman.
 Setelah lulus tes pertama masih ada lagi tes kedua loh yaitu kalau ndak salah test Audio Visual sambil nonton Filem lewat proyektor yang disorotkan ke layar lebar hehehe, boleh bawa cemilan kok biasanya popcorn ya kalau di bioskop asal jangan sambil bakar jagung saja hehehe, karena tidak boleh bawa api ke lokasi ini tempat merokok husus di sediakan di depan Pos Security cuma ndak ada warung heheheh.
dan pekerja akan mendapatkan  Badge atau atau Visitor Pass dengan jumlah 4 buah yang berisikan Keselamatan yang harus dihapalkan lagi serta dilaksanakan dalam bekerja di ruang lingkup PT. CPI
-       Visitor Pass Pegawai yang ditukar pada waktu pencatatan di pos Keamanan
-       Badge yang berisi Tulisan  alat untuk mengenal bahaya
-       Badge HOOU – Faciliity Operation – HES Orientation Card
-       Badge OE TENETS

Terimakasih sudah membaca tulisan Mamang ini semoga bermanfaat 



No comments:

Post a Comment