Thursday, April 18, 2013

Mang Yono dan Proyek PT. Donna Kembara Jaya



Selamat bertemu lagi dengan mamang,  setelah kemarin mamang menulis tentang pekerjaan di Duri, Pekanbaru yaitu PT. Chevron Pacific Indonesia, kali ini mamang menulis tentang pekerjaan di daerah Pulau Bangka, Propinsi Bangka Belitung  yaitu perusahaan tambang pasir timah sekaligus pabrik peleburan dari pasir timah diolah menjadi Timah batang atau biasa di sebut Tin Ingot perusahaan Semelter ini namanya PT. Donna Kembara Jaya pemilik perusahaan ini bapak Johan Ridwan. Perusahaan  mamang adalah mendapat kontak untuk membuat bangunan pabrik serta pemeliharaan pabrik serta dapur peleburan.

Ini adalah Vidionya 



Sumber Vidio:
 http://www.youtube.com/watch?v=5tWeXCwYZyE&feature=youtu.be

Pulai ini adalah penghasil pasir timah jenis timah putih. Yang mamang ketahui banyak sekali pabrik – pabrik timah di daerah ini sekitar 10 pabrik yaitu

- PT Bangka Putra Karya,
-PT Bukit Timah,
-PT DS Jaya Abadi,
-PT. Donna Kembara Jaya
-PT Tinindo Inter Nusa.
-PT Timah Tbk,
-PT Bilitin Makmur Lestari,
-PT Yinchenindo Mining Industry,
-PT Koba Tin, dan
-CV Duta Putra Bangka.
Sekarang PT. Donna Kembara Jaya  tidak beroprasi lagi dalam penambangan dan peleburan timah di karenakan Kegiatan pertambangan inkonvensional timah di PulauBangka  makin memprihatinkan. Seiring dengan itu pembangunan smelter (pabrik pengolahan menjadi timah balok) juga mengalami peningkatan sangat tajam. Meruyaknya smelter menjadi ancaman besar terjadinya pencemaran lingkungan. Hal ini dikarenakan smelter-smelter baru tersebut kurang mempertimbangkan sisi lingkungan. Kerusakan akibat kegiatan penambangan ilegal dengan mudah ditemukan, seperti di kawasan Kecamatan Belinyu. Tapi pemilik Perusahan  menggalakan penghijauan dengan di dirikannya Bangka Goes Green   atau  Bangka Botanical Garden dengan luas lahan 300 Hektar, Ternak sapi sekitar 300 ekor, sapi pedaging dan sapi perah, kebun kurma, kebun buah naga sekitar 1,5 hektar dan lain - lain, serta PT. Putra Bangka Mandiri dengan pabrik pengolahan minyak sawitnya dengan bahan bakar menggunakan cangkang sawit dan sisa pembakaran bisa digunakan untuk pupuk tanaman di BBG.

No comments:

Post a Comment